BPJS Ketenagakerjaan cabang Makassar fasilitasi rumah subsidi


Posted : 13-03-2018 11:07:33

Makassar (Antaranews Sulsel) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Makassar memfasilitas pengadaan rumah bersubdisi bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan lebih dari setahun.

"Fasilitas rumah subsidi ini bekerja sama dengan PT Sarindah selaku penyedia perumahan dan pihak Bank BTN dalam urusan akad kredit dengan mendapatkan biaya subsidi," kata Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar Usman Rappe di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan, untuk realisasi kerja sama tiga institusi ini sebanyak 500 unit rumah bersubsidi telah disiapkan bagi pekerja yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Cukup mengisi formulir yang dikeluarkan pihak pengembang dan melengkapi persyarakatannya.

Setelah berkasnya lengkap, lanjut usman, selanjutnya pihak BPJS Ketenagakerjaan melakukan verifikasi kepesertaan BPJS pemohon untuk selanjutnya mendapatkan rekomendasi ke pihak Bank BTN.

Verifikasi itu terkait upah Minimum Provinsi (UMP) peserta, termasuk lama kepesertaan yang ditetapkan minimal setahun dan dinyatakan tertib administrasi.

"Jadi, kami hanya membantu menfasilitasi saja lalu merekomendasikan ke pihak BTN, hasil akhirnya itu pada pihak BTN," kata Usman.

Mengenai rumah bersubsidi yang disiapkan dengan menggandeng PT Sarindah itu, diprioratskan pada pekerja yang berasal dari ekonomi lemah, sehingga peruntukkan rumah subsidi pemerintah itu dapat tepat sasaran.

Dengan program tersebut, diharapkan dapat memenuhi target pemerintah dalam pengadaan satu juta rumah bagi masyarakat, khususnya yang berada pada level ekonomi menengah ke bawah.
Pewarta : Suriani Mappong
Editor: Daniel