Aparat Desa Diminta Segera Ikut Peserta BPJS Ketenagakerjaan


Posted : 15-05-2018 12:10:47

Bonebol, InfoPublik – Bupati Bone Bolango (Bonebol), Provinsi Gorontalo, yang diwakili Sekda Ishak Ntoma meminta dan mengharapkan kepada seluruh Camat dan Kepala Desa untuk segera mendaftarkan seluruh aparat desa di wilayahnya masing-masing untuk ikut menjadi peserta program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, juga meminta kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bonebol untuk mendaftarkan seluruh tenaga honor maupun pegawai non Aparatur Sipil Negara (ASN) di setiap OPD menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan ini menjadi hak warga, mulai dari lahir sampai mati. Bahkan keuntungannya jika kita mengikuti jaminan ini, itu sangat luar biasa,”ujar Ishak Ntoma pada forum koordinasi dan evaluasi penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pegawai non ASN dan jasa konstruksi Kabupaten Bonebol, di ruang Huyula Kantor Bupati Bonebol, Senin (14/5).

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Gorontalo Teguh Setiawan menjelaskan, tujuan dilaksanakannya kegiatan forum koordinasi dan evaluasi tersebut, untuk mengefektifkan program jaminan sosial di daerah, khususnya di Bonebol.

Selain itu, dalam rangka percepatan program jaminan sosial agar pekerja sektor formal dan informal untuk segera menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Karena program jaminan sosial ini merupakan jaminan negara yang sudah tertuang dalam nawa cita dan harus disuport.

Olehnya itu, setelah dilaksanakannya kegiatan tersebut, maka harapannya seluruh perangkat desa dan pegawai non ASN di Bonebol untuk segera mendaftarkan dirinya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Selambat-lambatnya jangan sampai lewat semester kedua.

Harapan kita juga, agar pekerja non formal lainnya misalnya pengemudi bentor, para petani, itu bisa didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.”Iurannya sangat murah, hanya Rp16.800/bulan untuk dua program, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM),”jelas Teguh Setiawan.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bonebol Bambang Dwi Handoko menambahkan, pada prinsipnya kejaksaan akan senantiasa mendukung program-program pemerintah yang dilaksanakan melalui BPJS Ketenagakerjaan, terutama dalam menjaring peserta sebanyak-banyaknya.

Program ini sifatnya perintah UU, maka diharapkan untuk Kepala Desa, Camat, dan OPD di Bonebol agar memahami bahwa ikut program jaminan sosial ini bukan sesuatu yang memberatkan.

Tapi sebenarnya sesuatu yang lebih menguntungkan, terutama bagi pekerja-pekerja baik formal maupun informal di Bonebol. Apalagi manfaat yang bisa diambil dengan iuran yang kecil itu, kita bisa menikmati manfaat yang besar.

Peran Kejaksaan tentunya mendukung sepenuhnya kegiatan yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan, dengan memberikan pemahaman dan sosialisasi.

"Karena ini amanah UU, maka kita Kejaksaan harus konsen ikut bertanggungjawab menyukseskan program pemerintah, terlebih di dalam pencapaian kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan,”kata Bambang Dwi Handoko. (MC Bone Bolango/Hms/Kadir/toeb)

Konten Terkait

Posted : 16-08-2018 11:32:57

Loji Jadi Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan


Posted : 16-08-2018 11:26:35

BPJS Ketenagakerjaan Gencarkan Sosialisasi


Posted : 16-08-2018 11:25:07

BPJS Ketenagakerjaan Bidik Pekerja Informal