BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo Panen Kepesertaan Koperasi dan UMKM


Posted : 09-07-2018 11:53:46

SIDOARJO, beritalima.com – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mendukung penuh kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat yang bekerja di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Dukungan tersebut telah ditandai dengan Surat Edaran (SE) Bupati Sidoarjo Tentang Wajib Kepesertaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Sidoarjo.


Menindaklanjuti SE Bupati Sidoarjo tersebut, di moment HUT Koperasi Ke-71, BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo dengan bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Sidoarjo mengakuisisi kepesertaan baru 500 koperasi dan 2.000 pelaku UMKM Sidoarjo.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo, Ikeda Hendra Kusuma, menjelaskan, untuk koperasi kepesertaan karyawannya masuk sektor formal atau Penerima Upah (PU), sedangkan untuk pelaku UMKM kepesertaannya masuk sektor informal atau Bukan Penerima Upah (BPU).

Menurutnya, selain yang telah diakuisisi itu masih banyak koperasi dan pelaku UMKM di Kabupaten Sidoarjo yang belum daftar BPJS Ketenagakerjaan.

“Jumlah koperasi dan pelaku UMKM di Sidoarjo cukup banyak, sehingga proses kepesertaan mereka dilakukan secara bertahap. Untuk saat ini yang diakuisi 500 koperasi dan 2.000 UMKM,” kata pria yang akrab dipanggil Deni ini.

Deni mengutarakan itu di sela acara Jalan Sehat dan Pameran Produk UMKM yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM Sidoarjo dalam rangka memperingati Hari Koperasi Ke-71, Minggu (8/7/2018).

Jalan sehat yang diikuti ratusan pengurus koperasi dan pelaku UMKM ini dilepas Wakil Bupati Sidoarjo, H Nur Ahmad Syaifuddin SH. Kegiatan yang mempersembahkan banyak hadiah ini disuport BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo.

Di sela acara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sidoarjo, Drs Ec Tjarda, mengatakan, saat ini jumlah koperasi di Sidoarjo yang masih aktif sekitar 1.350 lembaga. Sedangkan jumlah UMKM di Sidoarjo ada lebih dari 200.000 UMKM. Diharapkan semua koperasi dan pelaku UMKM ini tercover perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan. (Ganefo)