Tahun Ini, BPJS-TK Targetkan Tiga Desa Sadar


Posted : 10-07-2018 09:44:59

UNGARAN, suaramerdeka.com - BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK) Cabang Ungaran tahun ini menargetkan bisa membentuk tiga Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Keterangan tersebut disampaikan Kepala BPJS-TK Cabang Ungaran, Budi Santoso, ketika menghadiri bakti sosial dan khitanan massal di Lingkungan Kalibendo, Desa Candi, Bandungan, akhir pekan lalu. Tiga desa tersebut meliputi Desa Candi (Sumowono), Desa Lerep (Ungaran Barat), dan Desa Pasekan (Ambarawa).

“2017 kemarin kita ditargetkan dapat membentuk enam Desa Sadar, tahun ini ditarget tiga desa. Semakin banyak Desa Sadar maka semakin banyak warga dan peserta aktif yang sadar akan jaminan sosial ketenagakerjaan,” katanya.

Untuk mendukung pembentukan Desa Sadar Jaminan Ketenagakerjaan, pihaknya telah memerintahkan staf BPJS-TK Cabang Ungaran gencar menggelar sosialisasi tentang program Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Pensiun, Jaminan Kematian.

Pemerintah desa setempat, lanjut Budi Santoso, juga dihimbau dapat menyampaikan informasi siapa saja warga yang belum terdaftar sebagai peserta aktif BPJS-TK baik yang bekerja di perusahaan maupun mereka beraktivitas di sektor informal.

“Pekerja informal tetap menjadi fokus perhatian kami, dia dapat menjadi peserta mandiri. Karena petani-petani itu pun bisa tersentuh jaminan sosial ketenagakerjaan,” ujarnya.

Data yang dihimpun menyebutkan, per Mei 2018 jumlah kepersertaan aktif masuk baru BPJS-TK Cabang Ungaran tercatat ada 27.148 orang. Jumlah kepersertaan yang masuk didaftarkan perusahaan ada 519 orang. Ada pun total peserta BPJS-TK Cabang Ungaran per Mei 2018, tercatat ada 142.419 orang tenaga kerja aktif. “Bila diprosentase total kepesertaan, lebih kurang sudah 72,09 persen dari target TK aktif lebih kurang 197.000,” imbuh Budi Santoso.

Kepala Desa Candi, Sudarwanto menambahkan, jumlah peserta aktif informal yang mendaftar sebagai peserta BPJS-TK baru ada lebih kurang 200 orang. Jumlah tersebut didominasi oleh petani, pedagang, dan pekerja kebun.

Sejalan dengan itu, Pemerintah Desa Candi Sumowono juga melibatkan pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna XB-Community untuk menyebarluaskan informasi tentang manfaat program BPJS-TK. Bakti sosial dan khitan masal kemarin, setidaknya diikuti oleh sembilan anak. “Kami bersama staf pemerintah desa dan kepala dusun belum lama ini sudah menggelar sosialisasi ke masyarakat. Alhamdulilah, dalam satu RT ada yang ikut semua,” jelasnya.

(Ranin Agung/CN40/SM Network)