BPJS Ketenagakerjaan Serahkan JHT dan JKK pada 2 Peserta


Posted : 11-07-2018 12:39:47

MAKASSAR - BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan santunan Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) pada dua orang pesertanya, di kantornya, Selasa (10/7/2018).

Kedua peserta tersebut adalah Lukman Latif, yang mengajukan pensiun dini dari BRI dengan masa kerja 14,3 tahun dan menerima JHT sebesar Rp75 juta lebih, serta Yasser Eko Nanda, karyawan PT Nippon Indosari Corpindo (Sari Roti) berupa JKK sebesar Rp32,7 juta.

Seusai penyerahan, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Makassar, Asri Basir, mengatakan santunan yang diserahkan ini menjadi hak peserta BPJS Ketenagakerjaan, dan memang sudah diatur dalam undang-undang.

Kata dia, manfaat kepesertaan tidak saja pada JKK dan JHT tapi juga Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JPN).

“Jika mereka merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan dan ikut dalam semua jenis manfaat, dipastikan dalam bekerja akan merasa aman karena semuanya terlindungi tidak saja kecelakaan kerja tapi juga meninggal dunia,” ujarnya.

Dia menuturkan, saat ini pihak terus melakukan sosialisasi keseluruh lapisan masyarakat pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagkerjaan, termasuk mendatangi tidak saja perusahaan besar tapi juga toko-toko yang ada di level menengah ke bawah.

Apalagi, saat ini kepesertaan terbuka bagi siapa saja tidak hanya kepesertaan Penerima Upah (PU), tapi juga kepesertaan Bukan Penerima Upah (BPU).

Per Juni, BPJS Ketenagakerjaan Makassar mencatatkan pencairan klaim untuk program JHT sebanyak 7.481 kasus dengan total dana Rp78,7 miliar, JKK 186 kasus dengan pencairan klaim Rp6,6 miliar, JKM sebanyak 111 kasus dengan klaim Rp3,080 miliar dan JPN 449 kasus dengan klaim dicairkan Rp577 juta lebih dengan total pencairan sebesar Rp88,9 miliar.

Penerima Santunan JHT, Lukman Latif mengakui proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan sangat cepat dan tidak ribet. Hanya membutuhkan waktu dua pekan, segala haknya sudah cair direkening.

“Pelayanannya cepat dan tidak ribet, saya hanya memanfaatkan fasilitas mobile e-claim seluruh kebutuhan pencairan JHT saya selesai dengan baik. Terima kasih BPJS Ketenagakerjaan segala hak saya bisa diperoleh,” paparnya.

 

(kem)