TJSL


Tanggung Jawab Sosial Lingkungan

Bentuk tanggung jawab BPJS Ketenagakerjaan untuk membangun kualitas kehidupan yang lebih baik, yang dilaksanakan secara transparan dan beretika, sebagai kontribusi BPJS Ketenagakerjaan terhadap pembangunan berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan Masyarakat dengan memperhatikan Pemangku Kepentingan, serta memenuhi regulasi dan norma-norma yang berlaku dalam lingkup nasional maupun internasional.

Tujuan TJSL

a. mendukung pemenuhan kebutuhan dasar Masyarakat dan Peserta;


b. meningkatkan kesejahteraan Masyarakat dan Peserta;


c. berupaya secara aktif dalam pelestarian dan perbaikan lingkungan; dan


d. menciptakan hubungan yang harmonis dengan Pemangku Kepentingan.

Sasaran Program TJSL BPJS Ketenagakerjaan

a. mendukung peningkatan kepesertaan Program BPJS Ketenagakerjaan;


b. meningkatkan hubungan Masyarakat, Peserta dan antar lembaga; dan/atau


c. meningkatkan citra dan reputasi BPJS Ketenagakerjaan

Kriteria Program TJSL

a. tepat sasaran, yaitu pemberian bantuan Program TJSL bagi Masyarakat yang mengalami kesulitan dan/atau membutuhkan;


b. tepat manfaat yaitu pemberian bantuan Program TJSL berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan kemandirian Masyarakat;


c. peningkatan Reputasi BPJS Ketenagakerjaan yaitu pemberian bantuan Program TJSL yang berdampak terhadap peningkatan Brand Awareness Reputasi BPJS Ketenagakerjaan; dan


d. mendukung sasaran strategis BPJS Ketenagakerjaan yaitu pemberian bantuan Program TJSL yang selaras dengan Visi Misi BPJS Ketenagakerjaan serta mendukung program pemerintah.


4 (empat) Pilar Program TJSL

a. Jembatan Kemasyarakatan, yaitu Program TJSL yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Masyarakat umum, yang terdiri dari:

  • 1. fasilitas umum;
  • 2. fasilitas dan bantuan kegiatan keagamaan; dan
  • 3. bantuan fasilitas yang terkait dengan pemerintah dalam melayani Masyarakat umum.
  • b. Jembatan Pemberdayaan, yaitu Program TJSL yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam berusaha sehingga lebih produktif, yang terdiri dari:

  • 1. bantuan peningkatan fasilitas usaha;
  • 2. bantuan pelatihan peningkatan keterapilan; dan
  • 3. bantuan pelatihan kesehatan dan keselamatan kerja.
  • c. Jembatan Kepedulian, yaitu Program TJSL yang bertujuan untuk membantu Masyarakat yang mengalami kesulitan dan membutuhkan, yang terdiri dari:

  • 1. bantuan korban bencana;
  • 2. bantuan disabilitas;
  • 3. bantuan mudik;
  • 4. bantuan kebutuhan pokok;
  • 5. bantuan pendidikan; dan
  • 6. bantuan kesehatan.
  • d. Jembatan Kelestarian, yaitu Program TJSL yang bertujuan untuk mendukung kelestarian lingkungan, yang terdiri dari:

  • 1. bantuan penanaman pohon;
  • 2. bantuan ruang terbuka hijau;
  • 3. bantuan konservasi flora dan fauna; dan
  • 4. bantuan kegiatan peduli lingkungan
  • Program TJSL tidak dapat diberikan

    a. kegiatan yang terkait dengan politik praktis;


    b. program-program yang telah didanai oleh APBN/APBD;


    c. kegiatan/bantuan yang berkaitan dengan kegiatan operasional institusi pemerintah; dan/atau memiliki hubungan bisnis dengan BPJS Ketenagakerjaan


    Rangkuman Kegiatan TJSL

    Dalam rangka mewujudkan kualitas kehidupan yang lebih baik dan kesejahteraan masyarakat BPJS Ketenagakerjaan melalui program Jaminan Sosial Dan Lingkungan BPJS Ketenagakerjaan secara transparan dan beretika melakukan Implementasi 4 Pilar Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yaitu Jembatan Kemasyarakatan, Jembatan Pemberdayaan, Jembatan Kepedulian dan Jembatan Kelestarian.


    Di 2018 Program Tanggung Jawab Sosial menyelenggarakan berbagai macam kegiatan seperti Penyelenggaraan Mudik Bersama BPJS Ketengakerjaan yang diadakan serentak di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Purwakarta dengan Total peserta Mudik sebanyak 10.000 orang dengan tujuan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung. Dalam Rangka memberikan kesetaraan kepada kaum Disabilitas, pada bulan April 2018 Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan memberikan bantuan kepada 526 penyandang disabilitas dalam bentuk pelatihan usaha, alat bantu usaha dan alat bantu gerak kegiatan ini diberikan dalam sebuah acara Gebyar Disabilitas yang diselenggarakan di Surakarta Jawa Tengah.


    Dalam rangka respon cepat peduli bencana di Indonesia Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan memberikan bantuan kepada para korban bencana alam seperti Bencana Gempa Bumi di Lombok Nusa Tenggara Barat, Bencana Tsunami di Palu Donggala dan bencana alam yang lain. Dikesempatan lain Program Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan menggelar Pasar Murah secara serentak 164 kota dengan 2 kali pelaksanaan yaitu pada saat sebelum Lebaran dan dalam peringatan Ulang Tahun BPJS Ketenagakerjaan yang ke 41.


    Sebagai wujud menyediakan media edukasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang ramah lingkungan dan ramah anak. Di penghujung 2018 telah dimulai 2 pembangungan Ruang Terbuka Hijau BPJS Ketenagakerjaan yang berada di Central Point Of Indonesia, Makassar dan GOR Kebo Iwa Gianyar Bali. Ke dua RTH BPJS Ketenagakerjaan tersebut merupakan refleksi dari ke 4 program BPJS Ketenagakerjaan.


    Secara Keseluruhan di Tahun 2018 4 Pilar Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan telah di laksanakan dengan presentase 42% untuk Jembatan Kelestarian, 39% untuk Jembatan Kepedulian, 11% Jembatan Kemasyarakatan, dan 6% untuk Jembatan Pemberdayaan.