BPJS Ketenagakerjaan Launching Wajah Baru Kantor Layanan

BPJS Ketenagakerjaan Launching Wajah Baru Kantor Layanan

24 Feb 2023

Bagikan

Oleh: Sudarsono - Editor: sigit budi riyanto 


Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka (kiri), Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo (kanan).

KBRN, Surakarta : BPJS Ketenagakerjaan kembali meresmikan wajah baru layanan dengan menggelar housewarming di kantor cabang Surakarta, Rabu (22/2). Saat ini layanan BPJS Ketenagakerjaan di seluruh kantor cabang hadir dengan konsep green design, yang penampilannya semakin ramah penyandang disabilitas. 


Peresmian kantor cabang kali ini, selain dihadiri langsung Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka juga dihadiri Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo. Disamping itu juga menunjukan peran baru BPJS Ketenagakerjaan, yakni menyalurkan pekerja penyandang disabilitas kepada perusahaan yang membutuhkan pekerja. 


“Tadi saya dan Mas Gibran telah menyalurkan pekerja disabilitas kepada perusahaan,” ungkap Anggoro selepas peresmian. 


“BPJS Ketenagakerjaan saat ini selain menyelenggarakan program jaminan sosial ketenagakerjaan, kami juga akan memberikan manfaat tambahan lain yaitu menjadi jembatan penghubung antara penyedia lapangan kerja dan tenaga kerja itu sendiri (supply and demand) khususnya tenaga kerja Penyandang Disabilitas,” imbuhnya. 


Dijelaskan pula, bahwa housewarming BPJS Ketenagakerjaan Surakarta mengangkat tema Inclusive Job Center (IJC). Menurutnya IJC merupakan pengembangan dari program Return to Work (RTW) yang bertujuan membangun pasar tenaga kerja inklusif BPJS Ketenagakerjaan. 


“Dengan IJC, ke depan manfaat yang akan kita tuju antara lain perwujudan ekonomi inklusif bagi penyandang disabilitas, memperluas akses lapangan kerja, menyediakan sistem peningkatan kapasitas dan pemberi layanan kerja di semua sektor baik pemerintah maupun swasta. Dan yang terakhir adalah perwujudan kuota 2% sektor pemerintahan dan 1% sektor swasta bagi pekerja penyandang disabilitas,” jelas Anggoro. 


Anggoro menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja sama yang selama ini terjalin antara pihaknya bersama Pemerintah Daerah Surakarta. Dukungan tersebut terlihat dari penerbitan Perwali No 56/2019, MoU Mall Pelayanan Publik, serta progress Perda Ketenagakerjaan yang mendorong kepatuhan dan peningkatan coverage perlindungan pekerja terutama non-ASN, aparatur pemerintah desa, RT/RW, dan Pekerja Rentan. 


Hingga saat ini, terdapat 545 ribu pekerja di Wilayah Surakarta dan sekitarnya telah terlindungi BPJS Ketenagakerjaan. Sebanyak 31 ribu pekerja didapatkan atas dukungan implementasi Inpres No 02/2021 dan Permendagri 84/2022. Untuk Kota Surakarta sendiri, sebanyak 47% coverage atau 113 ribu pekerja telah terlindungi, di antaranya juga terdapat 5 ribu tenaga kerja non-ASN.


Sementara, Gibran Rakabuming Raka dalam keterangannya kepada pers mengapresiasi apa yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan, khususnya perlindungan kepada pekerja yang ada di wilayahnya. 


“Sama seperti Pak Direktur, kami terima kasih sekali atas supportnya untuk teman- teman yang disektor informal dan kaum difabel,” ucap Gibran. 


Terkait mempekerjakan tenaga kerja penyandang disabilitas ke dalam BUMD yang ada di Surakarta, dirinya berkomitmen akan mendorong dan memaksimalkan ketersediaan tempat yang ada. 


Menutup kegiatan tersebut, Deputi Direktur  Wilayah Jawa Tengah dan DIY Cahyaning Indriasari selaku tuan rumah kegiatan tersebut kembali mengajak seluruh pekerja untuk segera memastikan dirinya terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan. 


“Kampanye kami Kerja Keras Bebas Cemas. Pekerja silahkan bekerja semaksimal mungkin, sekeras mungkin, untuk urusan risiko dalam bekerja alihkan kepada kami, bebaskan kecemasannya,” ungkapnya. 


“Kami mewakili negara hadir untuk memastikan seluruh pekerja Indonesia memiliki jaring pengaman sosial ekonomi yang berujung pada hidup yang sejahtera,” tutup Cahyaning. 


Sementara Kacab BPJAMSOSTEK Semarang Majapahit, Noviana Kartika Setyaningtyas, mengapresiasi wajah baru Kantor Layanan BPJS Ketenagakerjaan dengan konsep green design yang telah di launching Dirut. Ia berharap konsep baru tersebut bisa menambah daya tarik masyarakat untuk mendaftarakan diri menjadi peserta JAMSOSTEK Ketenagakerjaan.     


“Semoga dengan tampilan wajah baru pelayanan BPJS Ketenagakerjaan ini dapat meningkatkan performanya dalam memberikan layanan kepada masyarakat khususnya para peserta BPJamsostek,” ujarnya. (donny).

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu