UNSOED dan BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto Tandatangani PKS

UNSOED dan BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto Tandatangani PKS

Sebulan lalu

Bagikan

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Purwokerto, Rabu (12/06/24). PKS ditandatangani oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unsoed Dr. Noor Farid  M.Si, dan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto Antony Sugiarto, di Ruang Rapat Lantai III Rektorat Unsoed, disaksikan oleh Rektor Unsoed dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jawa Tengah dan DIY.


Unsoed dan BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Purwokerto menyepakati kerja sama tentang penyelenggaraan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan Bagi Mahasiswa Dalam Program Kuliah Kerja Nyata Reguler (KKN Reguler), dan MBKM.


Ruang lingkup PKS ini meliputi, perlindungan  Program  Jaminan  Kecelakaan  Kerja (JKK) bagi Mahasiswa dalam program Kuliah Kerja Nyata Reguler (KKN Reguler) dan MBKM yaitu KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa setiap periode KKN Juli-Agustus dan Januari-Februari selama dalam status aktif sebagai mahasiswa Unsoed. Serta perlindungan Program Jaminan  Kematian (JKM) bagi Mahasiswa dalam program Kuliah Kerja Nyata Reguler (KKN Reguler) dan MBKM, selama dalam status aktif sebagai mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.


Rektor Unsoed, Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr., IPU., ASEAN Eng., mengatakan, kerja sama ini sangat relevan dengan program akademik, terutama melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). "Kami memiliki program studi yang menarik, seperti di MIPA, ada program studi Statistik yang memiliki Jurnal Aktuaria Statistik, sangat terkait dengan BPJS Ketenagakerjaan," kata rektor. 


Rektor berharap dengan kerjasama ini, tentu akan meningkatkan kompetensi mahasiswa Dan ini yang penting bagi perguruan tinggi, jadi ini bentuk experience learning, jadi belajar bukan hanya di kampus. Dan ini akan meningkatkan kompetensi dan itu sangat dibutuhkan terutama siap lulus, siap kerja.


Lebih lanjut rektor mengatakan, kerja sama ini juga akan mencakup edukasi mengenai keselamatan kerja, yang sangat penting untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya jaminan sosial sejak dini. 


Sementara itu Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jateng dan DIY, Isnavodiar Jatmiko menerangkan, universitas merupakan mitra strategis yang sangat penting. "Kami ingin masuk ke masyarakat yang lebih masif, dan universitas memiliki peran besar dalam pengabdian kepada masyarakat. Ini adalah sarana untuk mengedukasi pentingnya jaminan sosial sejak dini," ujarnya.


Senada dengan hal itu, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto, Antony Sugiarto juga menekankan pentingnya perlindungan bagi mahasiswa saat melaksanakan praktek, magang dan KKN. "Mahasiswa yang terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan akan lebih sadar akan keselamatan kerja mereka. Harapannya, semakin banyak mahasiswa dan pekerja di Banyumas yang terlindungi BPJS ketenagakerjaan," ujar Antony.


Antony menambahkan, kerja sama antara BPJS Ketenagakerjaan dan Unsoed ini tidak hanya mencakup perlindungan saat praktek magang, dan KKN, tetapi juga kerjasama yang lain.  Dengan kerjasama ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya jaminan sosial dan keselamatan kerja akan semakin meningkat di kalangan mahasiswa dan pekerja di Banyumas

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu