Tertarik Buka Bisnis Franchise? Simak Tips Ini, Yuk!

Tertarik Buka Bisnis Franchise? Simak Tips Ini, Yuk!

27 Sep 2023

Bagikan

Berbisnis jadi salah satu cara mendapatkan penghasilan lebih besar. Tidak heran, sebagian rela terjun ke dunia bisnis dibanding melanjutkan profesinya sebagai karyawan. Namun, membuka bisnis bukan semudah yang diucapkan, terutama untuk pemula. Berbagai risiko mungkin saja menghantui sebelum menjalankan bisnis bahkan modal kurang pun terkadang langsung membuat down.

Maka dari itu, kini, hadir bisnis franchise yang tidak membutuhkan modal besar, akan tetapi tetap mendapatkan keuntungan yang besar karena sudah memiliki nama di pasaran sehingga tidak perlu lagi melakukan branding dari awal. Lantas, apa itu bisnis franchise dan bagaimana tips memulainya?

Definisi Bisnis Franchise

Menyadur laman KBBI, franchise atau waralaba diartikan sebagai bentuk kerja sama dalam bidang usaha dengan bagi hasil sesuai dengan kesepakatan. Sementara, menurut Permendag No.71 Tahun 2019, franchise atau waralaba merupakan hak khusus yang dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/jasa, yang telah terbukti berhasil dan bisa dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan Perjanjian Waralaba.

Perjanjian waralaba merupakan perjanjian tertulis antara pemberi waralaba dan penerima waralaba. Perjanjian ini umumnya dibuat antara pihak yang mempunyai kedudukan hukum yang setara dan berlaku hukum Indonesia. Pemberi waralaba biasanya bekerja sama dengan pengusaha kecil dan menengah di daerah setempat, sebagai penerima waralaba atau pemasok barang dan/atau jasa sepanjang memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh pemberi waralaba.

Keuntungan Bisnis Franchise

Terdapat beberapa keuntungan yang akan diperoleh kalau terjun ke bisnis franchise, misalnya:

  • Lebih cepat memulai bisnis karena tidak perlu membuat strategi marketing dan proposal bisnis.

  • Tidak perlu kerepotan memikirkan ide bisnis, sistem bisnis, nama brand, dan lainnya karena sudah ada dan bisa langsung dijalankan.

  • Semakin mudah menjual produk yang dijual karena tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk pemasaran.

  • Mendapat pelatihan dari pemilik waralaba, seputar cara menjalankan bisnis, pengelolaan keuangan, marketing strategy, dan lainnya.

  • Tingkat keberhasilan bisnis tinggi karena brand sudah dikenal sehingga mengurangi risiko kerugian saat menjalankan bisnis..

Bagaimana, tertarik untuk membuka bisnis franchise? Kalau tertarik, simak dahulu beberapa tips berikut:

Tips Buka Bisnis Franchise

Sesuaikan dengan minat

Tak hanya satu, bisnis franchise ada banyak sekali jenisnya, mulai dari kuliner hingga tempat pencucian mobil. Nah, pastikan kamu memilih bisnis yang memang sesuai dengan minat atau passion-mu. Misalnya, kamu hobi memasak, maka bisa menjual ayam geprek dengan sambalnya pedas nampol. Atau, semisal mau menjual minuman, mungkin bisa menjual kopi kekinian. Apabila mau yang lain bisa juga menekuni bisnis seperti:

  • Bisnis Franchise Kebab

  • Bisnis Franchise Apotek

  • Bisnis Franchise Bengkel

  • Bisnis Franchise Logistik

  • Bisnis Franchise Es Krim

  • Bisnis Franchise Ayam Crispy

  • Bisnis Franchise snack Taiwan

  • Bisnis Franchise laundry sepatu

  • Bisnis Franchise tempat cuci mobil

Pilih lokasi yang strategis

Supaya bisnis franchise yang akan kamu tekuni diketahui oleh pelanggan, maka bukalah bisnis di lokasi yang strategis. Selain itu, tentukan juga target pasar dari bisnismu. Misalnya, mahasiswa, maka bisa memilih lokasi di area kampus atau yang dekat dengan kosan.

Apabila targetnya masyarakat umum, maka bisa memilih lokasi yang dekat dengan perkampungan penduduk. Jadinya semakin banyak pelanggan yang mengetahui kalau kamu membuka bisnis tersebut.

Siapkan modal

Meskipun tidak membutuhkan modal yang besar, tapi, kamu tetap perlu menyiapkan modal ketika berencana membuka bisnis franchise. Biasanya, untuk besaran modalnya cukup beragam, tergantung pada jenis bisnis franchise dan produk yang diambil.

Namun demikian, modal bukanlah faktor penentu dari kesuksesan bisnis, melainkan kreativitas dan inovasi dari pemilik bisnis franchise-nya.

Pelajari bisnis & sistem pembayaran

Sebelum memulai terjun ke bisnis franchise, ada baiknya pelajari secara mendetail bisnisnya. Kalau perlu, cek rekam jejak bisnis dan ketentuan fee. Setiap perusahaan franchise punya standar operasionalnya yang ketat untuk menjaga brand awareness. Semakin ketat dan bagus sistem yang dimiliki, maka semakin layak untuk kamu pilih.

Selain itu, kamu juga perlu untuk mengecek sistem pembayarannya. Beberapa pemilik franchise biasanya memiliki aturan sendiri terkait dengan pembagian fee. Jadi, telitilah sebelum membeli franchise-nya, ya.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika berencana membuka bisnis franchise. Selama membuka bisnisnya, jangan lupa daftar BPU (Bukan Penerima Upah) BPJS Ketenagakerjaan, ya. BPU (Bukan Penerima Upah) merupakan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang biasanya diperuntukkan untuk pekerja yang bekerja secara mandiri.

Misalnya, pemilik usaha, seniman, dokter, pengacara, freelancer. Serta, pekerja sektor informal seperti petani, sopir angkot, mitra ojol, pedagang, dan nelayan. BPU bermanfaat untuk membantu mengelola dan melindungi keuangan, kini dan masa depan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja mandiri.�

Mau tahu cara mendaftar BPJS BPU? Cek di sini!

Artikel Terkait

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu