Mau Siapkan Dana Pensiun untuk Hari Tua? Yuk, Cek Tipsnya!

Mau Siapkan Dana Pensiun untuk Hari Tua? Yuk, Cek Tipsnya!

28 Agu 2024

Bagikan

Menikmati masa tua tanpa terganggu dengan keuangan adalah impian banyak orang. Guna mewujudkannya, kamu perlu menyiapkan dana pensiun dari usia muda atau ketika kamu masih produktif seperti sekarang. Tujuannya adalah supaya kamu bisa mengumpulkan dana lebih banyak sehingga bisa menikmatinya di masa tua.

Lantas, bagaimanakah cara menyiapkan dana pensiun untuk menjamin keuangan di masa tua nanti? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Pengeluaran? Kurangi!

Supaya dana pensiun yang direncanakan cepat terkumpul, maka kamu perlu untuk mengurangi pengeluaran—khususnya untuk hal-hal yang tidak terlalu penting. Misalnya, kebiasaan belanja untuk barang-barang yang sebenarnya tidak begitu kamu butuhkan. Sebaiknya gunakan uang tersebut untuk tabungan dan dana pensiun.

Untuk memudahkan, maka kamu perlu untuk membuat perencanaan keuangan dan mencatat semua pengeluaranmu tiap bulannya. Utamakan belanja untuk keperluan yang memang penting dan diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan demikian, kamu bisa gunakan uangnya untuk tabungan, dana pensiun, dan sebagainya.

Utang? Lunasi!

Apakah kamu masih punya utang yang perlu dibayar tiap bulannya? Kalau iya, maka disarankan untuk melunasi utang tersebut terlebih dahulu, ya. Dengan melunasi utang, maka dapat membantumu menyiapkan dana pensiun dengan lebih tenang tanpa memikirkan harus membayar hal-hal lainnya.

Ada baiknya segera melunasi utangmu yang masih tersisa supaya lebih semangat menyiapkan dana pensiun. Gimana, kalau terpaksa harus berutang? Boleh saja, asal utang tersebut digunakan untuk menunjang produktivitas seperti dana usaha, misalnya, supaya kamu bisa memakainya dengan baik.

Gaji Bulanan? Sisihkan!

Kamu adalah karyawan yang menerima gaji setiap bulannya? Maka, pastikan menyisihkan gajimu untuk dana pensiun. Berapa sebaiknya yang perlu disisihkan? Kamu bisa menyisihkan sekitar 10% dari gajimu. Misalnya saja, kalau gaji bulananmu sekitar Rp 8 juta, maka yang perlu disisihkan adalah Rp. 800.000.

Pastikan dana yang disisihkan ini tidak dipakai untuk keperluan lainnya dan hanya diperuntukkan untuk dana pensiun saja, ya. Kalau nilainya dirasa kurang, maka kamu bisa mencari penghasilan tambahan seperti berjualan kecil-kecilan di rumah, membuat makanan rumahan, dan sebagainya.

Investasi? Penting!

Sudah dari lama ingin berinvestasi tapi masih ragu untuk memulainya? Nah, sekarang adalah jawabannya! Apalagi, buat kamu yang berencana untuk menyiapkan dana pensiun. Soalnya, dengan investasi maka akan lebih mudah bagimu menyiapkan dana pensiun karena bisa dijadikan sebagai media untuk menambah passive income.

Beberapa instrumen investasi yang sebaiknya kamu pilih seperti obligasi, reksadana, saham, dan sebagainya. Atau, kalau kamu memiliki uang lebih, maka sebaiknya investasi pada properti maupun tanah. Soalnya, di masa depan, kedua bidang ini akan mengalami peningkatan bahkan nilainya bisa berkali-kali lipat dari pembelian awal.

Untuk menyiapkan dana pensiun, kamu juga bisa mendaftar Jaminan Pensiun (JP) dari BPJS Ketenagakerjaan. Jaminan Pensiun (JP) merupakan salah satu perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan—yang diberikan kepada peserta untuk mempertahankan kehidupan yang layak ketika peserta kehilangan atau berkurang penghasilannya karena telah memasuki usia pensiun.

Adanya Jaminan Pensiun, peserta tidak perlu lagi pusing memikirkan keuangan di masa depan karena mendapatkan manfaat berupa uang tunai bulanan yang diberikan sejak peserta memasuki usia pensiun sampai meninggal dunia. Yuk, semangat menyiapkan dana pensiun untuk masa tua yang lebih bahagia dan tidak perlu khawatir dengan keuangan.

Kalau mau mendaftar Jaminan Pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan, maka bisa langsung mendaftarnya di aplikasi JMO.

Artikel Terkait

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu