6 Ide Bisnis Kreatif untuk Kamu yang Mau Jadi Entrepreneur

6 Ide Bisnis Kreatif untuk Kamu yang Mau Jadi Entrepreneur

15 Okt 2024

Bagikan

Dalam beberapa tahun terakhir, industri kreatif berkembang pesat dan mulai punya pangsa konsumen tersendiri. Hal ini tentunya tidak terlepas dari kreativitas anak-anak muda yang juga disokong oleh “marketing gratis” di media sosial.

Kamu sebagai anak muda, baik dari generasi milenial ataupun Z, yang berkeinginan menjadi entrepreneur bisa mulai coba mencari tahu soal ide bisnis kreatif berikut, nih. Siapa tahu, nanti kamu juga bisa meraih kesuksesan dari bidang ini!

1. Barang dagang seni

Art merchandise atau barang dagang seni adalah berbagai macam produk yang menampilkan desain, ilustrasi, atau pola artistik yang dibuat oleh seorang artist atau seniman. Barang dagang seni ini bisa bermacam-macam bentuknya, mulai dari pakaian, dekorasi rumah, kalender, botol minum, alat tulis, aksesori, dan banyak variasi lainnya.

Menurut laman MarketYourArt, pasar barang dagang seni ini mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir karena sejumlah tren global. Selain itu, maraknya platform e-commerce dan tempat percetakan dalam jumlah kecil juga mempermudah seniman untuk membuat, menjual, dan mendistribusikan barang dagang seni mereka secara meluas.

Jika kamu punya kemampuan seni, seperti menggambar digital, kamu bisa mengambil ide ini untuk menciptakan barang dagang seni buatanmu sendiri. Namun sebelum mencetak karya seni menjadi sebuah barang dagang, ada baiknya kamu melakukan survei terlebih dahulu. Cari tahu benda apa yang paling dibutuhkan konsumen, kemudian tawarkan dengan metode pesan di muka agar tidak ada barang seni yang terbuang sia-sia setelah diproduksi.

2. Lini pakaian

Ide bisnis kreatif yang kedua adalah lini pakaian bekas atau thrift shop. Tren di media sosial lagi-lagi menjadi salah satu alasan di balik fenomena thrifting atau membeli pakaian bekas yang kembali marak dalam beberapa tahun terakhir.

Alasan lainnya, seperti dilansir dari laman VOI, adalah pakaian bekas atau thrift punya harga jual yang lebih murah dibanding pakaian baru yang dijual di toko retail. Selain itu, thrifting juga menawarkan pengalaman mendapatkan barang unik atau retro dan ruang untuk mengekspresikan diri melalui gaya berbusana.

Kamu yang sedang cari ide bisnis kreatif bisa juga mencoba untuk membuka thrift shop. Selain sudah ada pasarnya sendiri, usaha ini juga tidak memerlukan modal produksi, mengingat barang yang akan kamu jual adalah barang jadi.

3. Toko buket bunga

Ide bisnis kreatif ketiga yang bisa kamu coba adalah toko buket bunga. Sama seperti dua model bisnis sebelumnya, bisnis satu ini juga tenar karena tren di sosial media. Sejak beberapa tahun terakhir, tren memberikan buket bunga untuk teman, keluarga, atau kerabat yang berulang tahun, lulus sidang, atau wisuda juga marak terjadi. Hal ini tentu menciptakan peluang pasar yang baru.

Kalau kamu tertarik untuk mencoba bisnis ini, kamu bisa memulainya dengan membuat buket bunga asli ataupun tiruan. Dua variasi ini bisa menyasar dua tipe konsumen, di mana yang pertama adalah konsumen menengah ke atas, dan yang kedua adalah konsumen menengah ke bawah.

4. Pembelanja pribadi

Personal shopper atau pembelanja pribadi merupakan jasa membelikan barang untuk orang lain. Ide bisnis kreatif minim modal ini sangat cocok dijalankan oleh orang-orang yang gemar berbelanja atau melihat-lihat barang di toko.

Biasanya, konsumen dari model bisnis seperti ini adalah orang-orang yang tidak bisa atau tidak memiliki waktu untuk berbelanja sendiri. Area cakupan bisnis ini juga cukup luas, mulai dari toko-toko di dalam negeri (yang sama ataupun beda dengan domisili konsumen) hingga di luar negeri.

5. Katering sehat

Tren gaya hidup sehat juga menjadi salah satu topik yang ramai diperbincangkan di media sosial. Hasilnya, muncullah berbagai ide kreatif untuk memenuhi kebutuhan hidup sehat itu. Salah satunya adalah katering sehat, yaitu jasa boga yang menyajikan hidangan dengan kandungan gizi sesuai kebutuhan tubuh.

Kalau kamu hobi mengolah makanan, ide bisnis satu ini bisa kamu jadikan awal kariermu sebagai seorang entrepreneur. Untuk memulainya, kamu bisa berkolaborasi dengan ahli gizi supaya bisa membuat menu katering sehat yang benar-benar sesuai kebutuhan gizi harian.

6. Sewa kostum

Ide bisnis kreatif terakhir yang bisa kamu coba adalah sewa kostum. Yang penting kamu ketahui, modal awal bisnis ini relatif besar, karena kamu harus membeli stok kostum yang akan kamu sewakan terlebih dahulu.

Untuk itu, kamu bisa memulai bisnis kreatif ini dengan memusatkan cakupan kostumnya lebih dahulu. Misalnya kamu ingin memusatkan pada kostum pernikahan, maka kamu bisa membeli baju adat Indonesia, dress, juga jas yang bisa disewa oleh calon pengantin dan keluarganya. Nanti ketika bisnis ini sudah besar, kamu bisa memperluas cakupan kostum yang disewakan.

Itulah dia beberapa ide bisnis kreatif buat kamu yang mau jadi entrepreneur. Apabila kamu sudah menentukan model bisnis mana yang ingin kamu tekuni, jangan lupa untuk mendaftarkan diri kamu menjadi peserta Bukan Penerima Upah (BPU). Program jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan ini akan memberi kamu manfaat Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM) selama kamu menjadi peserta aktif.

Segera daftarkan diri kamu melalui aplikasi JMO agar semua manfaat di atas dapat kamu peroleh.

Artikel Terkait

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu