Pemprov Apresiasi Program BPJAMSOSTEK Nelayan di Kota Probolinggo

Pemprov Apresiasi Program BPJAMSOSTEK Nelayan di Kota Probolinggo

3 Nov 2022

Bagikan


PERLINDUNGAN Program BPJAMSOSTEK bagi nelayan kecil di Kota Probolinggo terus mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Selain Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Prof. Dr. Muhadjir Effendi, apresiasi serupa juga datang dari Pemprov Jawa Timur.


Apresiasi terhadap program inisiasi Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, S.Pd., M.M., M.HP., disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan Provinsi Jawa Timur Dr. Ir. Diah Wahyu Ermawati, M.A. Saat itu, Diah hadir mewakili Gubernur Jawa Timur.


“Kami mengapresiasi langkah Wali Kota, karena program-program yang diluncurkan membantu banyak sekali masyarakat dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat,” ujarnya, Jumat (29/10).


Menurutnya, langkah pemkot sejalan dengan program pemprov. Tahun ini, nelayan di Jatim jumlahnya tak terhingga. Pemerintah pun melakukan berbagai pendekatan dalam mendukung program perikanan. Di antaranya, sosialisasi asuransi agar nelayan memiliki kesadaran memiliki asuransi hingga sosialisasi pentingnya asuransi premi BPJAMSOSTEK dalam kegiatan mata pencaharian sehari-hari.


“Dengan luas panjang pengelolaan dari 0 hingga 12 mil laut di wilayah pesisir ini, Pemprov Jatim telah memiliki berbagai program untuk melindungi para nelayan. Seperti pemberdayaan nelayan, kemudahan akses perizinan kapal perikanan, serta penyediaan sarana prasarana pelabuhan perikanan. Juga mendukung program perikanan tangkap. Di antaranya, memberikan stimulus, hibah bantuan alat tangkap, serta asuransi nelayan,” ungkapnya.


Asuransi ini diharapkan dilakukan secara mandiri. Pemerintah tidak akan memberikan BPJAMSOSTEK secara terus-menerus, tapi diberikan secara bergantian kepada para nelayan.


“Mengingat jumlah premi yang tidak terlalu besar ini, kami berharap premi yang sudah dibayarkan pemerintah bulan selanjutnya dan seterusnya bisa dilakukan oleh nelayan itu sendiri secara mandiri,” ujarnya.


Diketahui, dari total 4.882 pekerja yang didaftarkan BPJAMSOSTEK oleh Pemkot Probolinggo, 772 di antaranya adalah nelayan kecil. Biaya premi BPJAMSOSTEK ini diambilkan dari Perubahan-APBD 2021 pada pos Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kota Probolinggo. Tahun depan, jumlah nelayan kecil yang di-cover BPJAMSOSTEK naik menjadi 2.867 nelayan.


Kepala DPKPP Kota Probolinggo Ir. Aries Santoso, M.M. mengatakan, melalui program jaminan sosial ini, nelayan kecil diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak. Terutama jika terjadi hal-hal yang mengakibatkan hilang atau berkurangnya pendapatan.


“Bisa karena sakit, mengalami kecelakaan, kehilangan pekerjaan, memasuki usia lanjut, maupun pensiun. Melalui ini pula Bapak Wali Kota ingin memastikan terlaksananya perlindungan sosial untuk menjamin kebutuhan dasar seluruh rakyat Kota Probolinggo,” ujarnya. (el/adv)

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu