Pemkab Sigi upayakan perangkat desa jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan

Pemkab Sigi upayakan perangkat desa jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan

27 Dec 2021

Bagikan

ElshintaMinggu, 26 Desember 2021


Pemkab Sigi upayakan perangkat desa jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan


Kepala Dinas PMD Kabupaten Sigi Andi Wulur didampingi pihak BPJS Ketenagkerjaan Sulteng menyerahkan santunan duka kecelakaan kerja kepada warga di Sigi. ANTARA/HO-Dok Dinas Kominfo Sigi


Elshinta.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah mengupayakan seluruh perangkat desa meliputi kepala desa, sekretaris, kaur-kaur, ketua-ketua RT/RW dan kepala dusun, menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.


"Kita berharap seluruh perangkat desa di 176 desa se-Kabupaten Sigi seluruh perangkat desa aparat desa, ikut dalam program BPJS Ketenagakerjaan," ucap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sigi, Andi Wulur di Sigi, Minggu.


Data BPJS ketenagakerjaan Sulteng menyebutkan dari 176 desa di Kabupaten Sigi terdapat 16 desa yang perangkat desanya telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.


Andi Wulur meminta kepada desa-desa yang belum masuk sebagai peserta BPJS Ketenakerjaan, agar segera mendaftarkan perangkatnya untuk mengkuti program BPJS tersebut.


"Bagi desa yang belum terdaftar dalam program BPJS Ketenagakerjaan, segera mungkin mendaftarkan para perangkat desanya dalam waktu dekat, karena hal ini sangatlah penting," ujarnya.


Ia mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi melalui dinas yang dipimpinnya akan melakukan kerja sama, yang direalisasikan dalam nota kesepahaman kepesertaan BPJS Tenaga Kerja dari perangkat desa, yang pembiayaannya bersumber dari APBDes masing-masing desa.


"Nanti akan dibuat kesepakatan antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemda Sigi, yang selanjutnya dimasukkan dalam APBDES 2022,," sebutnya.


Ia menambahkan hal ini sebagai wujud dari komitmen pemerintah daerah, dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat dan perangkat desa dalam menjalankan tugas dan fungsinya.


Berkaitan dengan itu Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Sulteng Amrullah menerangkan, bahwa total jumlah pekerja formal yang ada di Sigi baru sekitar 24 persen.


"Kami memang berfokus di aparat desa, dari 176 desa di Sigi, yang menjadi peserta baru 16 desa. Jadi kurang lebih baru 9-10 persen jadi peserta kami," sebutnya.


"Mengapa kami lakukan di periode Desember akhir, agar proses pengangkatanya kepesertaan untuk tahun 2022 dan seterusnya dipastikan masuk. Alhamdulillah Pak Kadis PMD, bapak Andi Wulur mendukung hal ini," katanya.

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu