Sopir MPU Dapat Santunan Kematian Program BPJS Ketenagakerjaan

Sopir MPU Dapat Santunan Kematian Program BPJS Ketenagakerjaan

9 Mar 2022

Bagikan

KARANGSARI, RADARJEMBER.ID – Program Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya dirasakan bagi peserta yang berasal dari pekerja penerima upah, bukan penerima upah pun juga dapat manfaat perlindungan. Seperti salah satu sopir mobil penumpang umum (MPU) di Lumajang yang mendapat santunan puluhan juta.


Tadi pagi, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lumajang Nugraha Yudha Mudiarto bersama Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Lumajang Sasongko Adji menyerahkan santunan JKM sebesar Rp 42 juta pada Eka Dwi, istri sekaligus ahli waris dari Suwarno yang meninggal dunia akibat kecelakaan kerja.


“Terimakasih atas kerjasama yang baik ini, tentu ini menjadi kabar kalau pekerja di sektor non formal atau pekerja mandiri juga bisa mendapat manfaat perlindungan. Saya berharap ini menjadi kesadaran komunal kalau sopir angkutan umum juga perlu daftar BPJS Ketenagakerjaan,” kata Yudha, sapaannya.


Sasongko Adji menjelaskan, seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan mendapat hak yang sama. Baik itu pekerja kategori penerima upah (PU) yang iurannya dibayarkan langsung oleh perusahaan tempatnya bekerja, maupun pekerja bukan penerima upah (BPU) yang mendapat gaji atas usahanya sendiri.


“Pak Suwarno ini pekerja informal yang sadar atas manfaat perlindungan. Dia rutin membayar sendiri setiap bulan untuk mendapat beberapa manfaat program yang kami punya,” katanya.


Adji melanjutkan, iuran yang dibayarkan Suwarno cukup terjangkau. Hanya Rp 16.800 setiap bulan. Tetapi ketika terjadi musibah yang tidak bisa dihindari selama bekerja akan mendapat manfaat perlindungan. Kalaupun meninggal dunia, keluarga yang ditinggalkan pun akan mendapat manfaat yang bisa langsung dirasakan.

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu