Pesurungan Kidul, Kelurahan Peduli Program Jamsosnaker

Pesurungan Kidul, Kelurahan Peduli Program Jamsosnaker

8 Jul 2022

Bagikan

By Smpantura_T03


TEGAL, smpantura.com – Pertemuan rutin bulanan Forum Silaturahmi Lembaga dan Tokoh Masyarakat (Fosiltomas) Kelurahan Pesurungan Kidul yang diadakan, Senin (4/7) malam tidak seperti biasa.


Sebab, kali ini dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal, R Heru Setyawan dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Tegal, Mulyono Adi Nugroho.


Lurah Pesurungan Kidul, M Azanu Mufid mengundang keduanya untuk menyampaikan langsung pentingnya perlindungan Ketua RT, Ketua RW dan Ketua lembaga kemasyarakatan lainnya dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan, khususnya Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).


Sebelum diinisiasi program JKK dan JKM bagi Ketua RT dan RW oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, Fosiltomas Kelurahan Pesurungan Kidul sudah peduli melindungi tokoh masyarakat dengan iuran secara mandiri.


“Secara sukarela RT dan RW mengumpulkan dana Rp 100 ribu saat menerima bantuan operasional (BOP) untuk santunan bagi yang sakit maupun untuk ahli waris apabila ada pengurus lembaga kemasyarakatan meninggal dunia,” jelas Mufid.


Ditambahkan, setelah di awal iuran kepesertaan JKK dan JKM dicover melalui dana CSR Politeknik Harapan Bersama, maka kelanjutannya dibayar secara mandiri dengan iuran yang dikelola Fosiltomas.


Atas kesadaran dan kepedulian tersebut, sebagai bentuk apresiasi BPJamsostek Cabang Tegal, memberikan Piagam Penghargaan Kelurahan Peduli Program Jamsosnaker.


“Wujud nyata kepedulian akan jaminan sosial sudah ada melalui iuran Fosiltomas, maka saya sangat bersyukur program kepesertaan JKK dan JKM langsung direspon dengan baik,” kata Adi Nugroho saat menyerahkan piagam penghargaan.


Menurutnya, Pesurungan Kidul, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, berbeda dengan kelurahan lain dalam merespon perlindungan Ketua RT dan RW melalui Program JKK dan JKM.


Dalam sambutan singkatnya, Heru Setyawan berharap ketika nantinya premi JKK dan JKM sudah dibiayai dengan APBD, maka iuran rutin dapat dimanfaatkan untuk perluasan cakupan kepesertaan bagi tokoh masyarakat lainnya, bahkan bisa mulai memberi perhatian dalam perlindungan yerhadap pekerja rentan.


Pertemuan Fosiltomas terasa makin hidup ketika banyak pertanyaan terkait manfaat program jamsosnaker yang disampaikan peserta, termasuk pertanyaan tentang kepesertaan mandiri yang diajukan Ketua Fosiltomas, Beni Istoro.


Ketua LPMK Pesurungan Kidul, Erwin Mugi Raharjo menyambut baik pertemuan di rumah Ketua RT 4/ RW 1 Kustiyono yang dihadiri BPJamsostek ini, karena peserta pertemuan makin memahami manfaat program jamsosnaker. (T03-red)

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu