BPJS Ketenagakerjaan Berikan Manfaat Rp1,1 Triliun untuk Para Pekerja di Sumsel

BPJS Ketenagakerjaan Berikan Manfaat Rp1,1 Triliun untuk Para Pekerja di Sumsel

7 Sep 2022

Bagikan



Agustina Wulandari , Okezone


PALEMBANG - Dalam kunjungan kerjanya ke Kota Palembang, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yang didampingi oleh Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Wilayah Sumbagsel Eko Purnomo secara simbolis menyerahkan santunan senilai Rp1,1 triliun kepada Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru.


Santunan tersebut merupakan total dari 75 ribu lebih klaim yang telah dibayarkan BPJAMSOSTEK di Provinsi Sumatera Selatan dari Agustus 2021 hingga Agustus 2022. Selain itu Wapres juga turut menyerahkan santunan kepada 10 ahli waris pekerja dengan total nilai mencapai Rp4,4 milyar.

Santuan yang diberikan tersebut terdiri dari santunan kematian akibat kecelakaan kerja (JKK), santunan Jaminan Kematian (JKM), manfaat Jaminan Pensiun (JP) dan Jaminan Hari Tua (JHT) serta manfaat beasiswa pendidikan.


Eko mengatakan bahwa kehadiran Wapres tersebut merupakan bukti kepedulian Negara terhadap kesejahteraan seluruh pekerja Indonesia melalui perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJAMSOSTEK.


“Kami berterima kasih atas kesediaan Bapak Wapres yang telah hadir dan menyerahkan langsung santunan kepada para ahli waris peserta. Tentu ini dapat menjadi dorongan semangat bagi seluruh keluarga yang ditinggalkan,” ucap Eko.


Lebih lanjut, ia menjelaskan, untuk Provinsi Sumatera Selatan, selama periode satu tahun ke belakang BPJAMSOSTEK juga telah membayarkan manfaat beasiswa pendidikan anak kepada 1.379 anak senilai total Rp5,1 milyar.


Eko berharap sinergi antara BPJAMSOSTEK dan Pemerintah Daerah dapat terus terjalin, khususnya dalam upaya meningkatakan kesejahtaraan pekerja di Provinsi Sumatera Selatan. Pasalnya, hingga Agustus 2022 jumlah pekerja yang telah terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK baru mencapai 46 persen untuk pekerja Penerima Upah dan 5 persen untuk pekerja Bukan Penerima Upah (BPU).


Santunan dari BPJS Ketenagakerjaan. (Foto: dok. BPJS Ketenagakerjaan)



Namun, Eko optimis angka tersebut dapat terus meningkat seiring dengan dukungan pemerintah daerah dalam implementasi Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.


Seperti yang diketahui BPJAMSOSTEK merupakan institusi mendapatkan amanah dari undang-undang untuk menyelenggarakan lima program demi kesejahteraan pekerja dan keluarganya, yaitu program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan yang terbaru Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).


“Risiko kecelakaan kerja dan kematian dapat terjadi kepada siapa saja, di mana dan kapan saja, oleh karena itu penting bagi kita untuk memiliki perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, sehingga dapat bekerja dengan aman dan berujung pada produktivitas yang meningkat,” tutur Eko.



(Wul)

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu