Minimalisasi Potensi Kecelakaan Kerja, PLKK BPJamsostek Bakal Diterapkan di Puskesmas Se-Balikpapan

Minimalisasi Potensi Kecelakaan Kerja, PLKK BPJamsostek Bakal Diterapkan di Puskesmas Se-Balikpapan

8 Nov 2022

Bagikan

Penulis: Ary Nindita Intan R S | Editor: Diah Anggraeni


zoom-inlihat fotoMinimalisasi Potensi Kecelakaan Kerja, PLKK BPJamsostek Bakal Diterapkan di Puskesmas Se-Balikpapan

Tribunkaltim.co/Ary Nindita Intan


BPJamsostek saat menggelar sosialisasi program Pusat Layanan Kecelakaan Kerja atau PLKK yang diikuti perwakilan seluruh puskesmas di Kota Balikpapan, Jumat (4/11/2022). Program PLKK ini bakal dijalankan oleh puskesmas di seluruh Balikpapan. 


TRIBUNKALTIM.CO - Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK), fasilitas kesehatan di mana pelayanan pengobatan dan perawatannya ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek), bakal dijalankan oleh puskesmas di seluruh Balikpapan.


Demikian yang disampaikan Kepala Bidang Pelayanan selaku Pps Kepala Kantor BPJamsostek Kota Balikpapan, Hasep Purwalid dalam acara Sosialisasi PLKK dengan seluruh puskesmas di Kota Balikpapan.


"Program ini adalah salah satu manfaat dari program aplikasi yaitu jaminan kecelakaan kerja," ujarnya pada gelaran sosialisasi PLKK, Jumat (4/11/2022).


Dikatakannya, salah satu fasilitas kesehatan di Kota Balikpapan adalah puskesmas yang berada di bawah naungan Dinas Kesehatan.


"Dengan mengajak kerja sama fasilitas kesehatan yang ada di Kota Balikpapan yaitu puskesmas. Tujuan diadakannya sosialisasi ini, guna memberikan informasi kepada puskesmas tentang rencana kerja sama. Dalam menjalankan program PLKK," lanjut Hasep.


Secara prinsip, Dinkes Kota Balikpapan mendukung program tersebut, karena ini merupakan salah satu bentuk installing atau manfaat para peserta BPJamsostek.


"Bisa menerima manfaat berupa layanan, fasilitas kecelakaan kerja yang lebih luas. Artinya kalau terjadi kecelakaan kerja, mereka bisa mengakses banyak fasilitas yang sudah tersedia. Bagi Puskesmas juga bisa menjadi tambahan, supaya bisa mendapatkan pemasukan dari program tersebut," imbuhnya.


Secara geografis, fasilitas kesehatan yang terdekat dengan masyarakat adalah puskesmas.


"Karena puskesmas sudah menjangkau daerah-daerah tertentu yang cukup luas, yang saya kira cukup menjangkau beberapa titik terjauh di Kota Balikpapan," tuturnya.


Adanya hal tersebut, Hasep berharap, kerja sama dengan puskesmas ini bisa lebih cepat mengakses fasilitas terkait resiko kecelakaan kerja.


"Sehingga dapat meminimalisasi nominal potensi cedera kesehatannya atau potensi untuk meninggal dunia lebih tinggi. Selain itu dengan adanya PLKK ini, peserta BPJamsostek tidak perlu mengeluarkan biaya, artinya sudah dalam bentuk klaim dari BPJamsostek dalam memanfaatkan fasilitas tersebut," ucapnya.


Sementara itu Dinas Kesehatan Kota Balikpapan melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan menyambut baik inisiasi BPJamsostek dalam menerapkan program PLKK melalui draf atau MOU.


Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Balikpapan, dr Elisabeth Rassi.


"Tentunya kami dari Dinas Kesehatan kota Balikpapan menyambut baik. Artinya warga-warga kita khususnya yang tergabung di dalam BPJamsostek akan mendapatkan layanan yang berkaitan ketika mereka mengalami kasus-kasus kecelakaan kerja," ucapnya.


Penulis: Ary Nindita Intan R S | Editor: Diah Anggraeni

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu