Dana JKP di BPJAMSOSTEK Masih Melimpah Imbas Minim Klaim dari Pekerja

Dana JKP di BPJAMSOSTEK Masih Melimpah Imbas Minim Klaim dari Pekerja

16 Nov 2022

Bagikan


Nasabah melakukan pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sudirman, Jakarta, Senin (14/2/2022). Foto: Asprilla Dwi Adha/Antara Foto


Nasabah melakukan pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sudirman, Jakarta, Senin (14/2/2022). Foto: Asprilla Dwi Adha/Antara Foto


BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK mencatat klaim pekerja atas Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) masih minim. Anggota Dewan Pengawas BPJAMSOSTEK, Subchan Gatot, mengatakan kondisi tersebut membuat anggaran JKP di BPJAMSOSTEK masih melimpah.

ADVERTISEMENT


"Memang sustainability JKP masih sangat terjaga, karena rasio klaim masih sekitar 2 persen sehingga masih bisa terjaga ketahanan dana di JKP, dengan rasio klaim sampai saat ini sekitar 6.900 orang," kata Subchan ketika RDP dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (15/11).

Hingga Oktober 2022, Subchan mencatat wilayah paling besar mengajukan JKP adalah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Terjadi peningkatan jumlah penerima klaim JKP sebesar 285 persen pada Oktober 2022 dibanding Juli 2022. Hal itu disebabkan oleh PHK massal di beberapa wilayah seperti di Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Timur,

"Total dana yang sudah dicairkan kurang lebih sekitar Rp 25 miliar per Oktober 2022. Data-data JKP per bulan gambarannya meningkat. Tren terjadi di Oktober tinggi sekali," ungkap Subchan.

ADVERTISEMENT


Pada Oktober, jumlah penerima JKP mencapai 2.169 orang dengan anggaran yang dicairkan sebesar Rp 7,09 miliar. Meningkat jauh dibanding pada September dengan jumlah penerima JKP mencapai 1.056 orang dengan anggaran yang dicairkan mencapai Rp 4,09 miliar.

Mendekati akhir tahun 2022, tren penerima dan anggaran yang dicairkan memang mengalami kenaikan signifikan. Dibanding pada Maret, di mana JKP dicairkan untuk 81 pekerja dengan anggaran hanya Rp 150 juta atau total penerima JKP mencapai 313 pekerja dengan anggaran yang dicairkan mencapai Rp 618 juta.

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu