BPJAMSOSTEK Gandeng Dinkes dan Puskesmas Layani Pasien Kecelakaan Kerja

BPJAMSOSTEK Gandeng Dinkes dan Puskesmas Layani Pasien Kecelakaan Kerja

8 Dec 2022

Bagikan

BERSINERGI: Jajaran BPJS Ketenagakerjaan bersama dinkes dan perwakilan puskesmas di Bondowoso, foto bareng seusai penandatanganan kerjasama pelayanan pasien kecelakaan kerja, Rabu (7/12).



BONDOWOSO, RADARJEMBER.ID – BPJS Ketenagakerjaan makin optimal memberikan pelayanan bagi korban kecelakaan kerja di Bondowoso. Ini setelah BPJS Ketenagakerjaan meneken Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan dinas kesehatan (dinkes) dan seluruh puskesmas yang ada di kabupaten setempat.


Perjanjian kerjasama tersebut berlangsung di ruang rapat Ijen View Hotel Bondowoso, Rabu (7/12). Penandatanganan itu dalam rangka kerjasama perluasan layanan kecelakaan kerja. “Peserta yang mengalami kecelakaan kerja bisa dilayani di seluruh puskesmas dan jaringannya hingga ke Ponkesdes,” terang Hadi Susanto, Kepala BPJS Ketenagakerjaan.


Pada layanan tersebut, setiap pasien kecelakaan kerja dapat berobat di puskesmas tanpa membayar biaya sepeserpun. Pihak puskesmas yang akan menagihkan pembiayaannya ke BPJS Ketenagakerjaan. “Nantinya seluruh biaya pengobatan akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan hingga pasien sembuh tanpa ada batasan nominal biayanya,” ucapnya.


Hadi menyampaikan, penandatanganan PKS tersebut dilakukan langsung oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember Dolik Yulianto dengan Plt Kepala Dinkes Bondowoso dr Titik Erna Erawati. Area kerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember meliputi tiga kabupaten: Jember, Bondowoso dan Lumajang. “Perjanjian tersebut juga disaksikan oleh jajaran pejabat dinkes dan kepala puskesmas se-Bondowoso,” paparnya.



Dalam kesempatan yang sama, juga dilakukan sosialisasi teknis dan alur Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK), yang nantinya dilakukan oleh puskesmas kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja.


Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember Dolik Yulianto menyampaikan, layanan ini efektif mulai 1 Januari 2023 mendatang. Saat terjadi kecelakaan kerja, peserta tidak perlu repot. Mereka cukup datang ke puskesmas, pustu atau ponkesdes terdekat untuk mendapatkan pelayanan secara gratis. “Cukup menunjukkan KTP elektronik, maka puskesmas akan melayani secara gratis hingga peserta sembuh dan bisa bekerja kembali,” jelasnya.


Pelayanan tersebut juga berlaku bagi pasien rawat inap, kontrol dan tindakan operasi jika diperlukan. Bahkan, puskesmas juga dapat melakukan rujukan ke tiap-tiap rumah sakit yang ada di Bondowoso dengan fasilitas yang lebih lengkap. “Apabila pasien membutuhkan tindakan lebih lanjut,” imbuhnya.


Dia berharap, para peserta menjadi lebih mudah mendapatkan fasilitas pengobatan dan pembiayaan kecelakaan kerja dengan mengakses layanan terdekat. Baik dengan domisili peserta maupun lokasi kecelakaan kerja tanpa mengeluarkan biaya. “Semoga ke depan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada peserta,” urainya.


Sementara itu, Plt Kepala Dinkes Bondowoso dr Titik menyampaikan, jajarannya siap bersinergi melayani peserta yang mengalami kecelakaan kerja. Apalagi saat ini, kata dia, pelayanan di seluruh puskesmas sudah online. Sehingga cukup dengan NIK bisa diketahui kepesertaannya. Apakah masih aktif atau tidak. “Agar masyarakat mengetahui bahwa puskesmas bisa melayani pasien kecelakaan kerja, maka perlu dipasang banner informasi di seluruh puskesmas,” pungkasnya. (*)


Reporter: Zaini Dahlan


Foto      : Humas BPJS Ketenagakerjaan untuk Radar Jember


Editor    : Mahrus Sholih

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu