BPJS Ketenagakerjaan Butuh Bantuan Pemkab Sumenep, Minim Peserta PBU dan  Jasa Konstruksi

BPJS Ketenagakerjaan Butuh Bantuan Pemkab Sumenep, Minim Peserta PBU dan Jasa Konstruksi

7 bulan lalu

Bagikan

(KM/IMAM MAHDI ) BELUM TERPIKIR: Minat pekerja untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan dari sektor jasa konstruksi dan PBU sangat minim di Sumenep. 


KABARMADURA.ID | SUMENEP-Minat pendaftar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dari sektor jasa konstruksi dan sektor bukan penerima upah (BPU) di Sumenep masih minim. 


Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Sumenep Ihsan mengatakan,  hingga kini baru terdaftar  8.406 peserta sektor pekerja informal atau bukan penerima upah (BPU), sedangkan dari sektor jasa konstruksi sebanyak 4.363 peserta.


Diperkirakan, jumlah warga yang bekerja di sektor informal tersebut lebih dari 30 ribu orang. Sedangkan pekerja jasa konstruksi diperkirakan sekitar 13 ribu lebih. 


Ihsan menilai, minimnya peserta tersebut karena kurangnya kesadaran masyarakat. Selain itu, karena faktor tidak mampu membayar premi, walaupun nilainya kecil. Sebagian masyarakat beralasan tidak punya cukup uang untuk iuran BPJS Ketenagakerjaan setiap bulan.


 “Hingga saat ini, kepesertaan ketenagakerjaan jalur PBU masih sedikit itu karena harus bayar sendiri,” katanya, Kamis (14/12/2023). 


Besaran iuran sektor BPU senilai Rp16.800 setiap bulan, menurut Ihsan, angka yang terbilang kecil jika dibandingkan manfaat jangka panjang itu. Yakni, akan mendapatkan jaminan hari tua (JHT), jaminan kecelakaan kerja (JKK), dan jaminan kematian (JKM). 

 

“Kepesertaan PBU tersebut meliputi petani, nelayan, serta pekerjaan lainnya tanpa menerima upah,” bebernya. 


Jika dibandingkan dengan kepesertaan jalur penerima upah, masih tertinggal jauh dari kepesertaan BPU dan jasa konstruksi. 


Untuk meningkatkan kepesertaan itu, pihaknya berharap dibantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, yakni dengan membantu menjamin iuran pesertanya. Dengan begitu, banyak pendaftar jalur PBU dan jasa konstruksi. 


 “Saat ini sedang diusahakan agar peserta lebih banyak lagi,” pungkasnya. 


Pewarta: Imam Mahdi


Redaktur: Wawan A. Husna

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu