20.275 Buruh Tani Tembakau di Jember Bakal Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

20.275 Buruh Tani Tembakau di Jember Bakal Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

Sebulan lalu

Bagikan

SUARA INDONESIA, JEMBER - Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jember Drs. Suprihandoko MM menghadiri secara langsung kegiatan bimtek verifikasi dan validasi data buruh tani tembakau di Kota Cinema Mall Jember, Rabu (15/5/2024).


Kegiatan tersebut merupakan wujud sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Jember dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember. Tujuannya untuk memberi perlindungan jaminan sosial buruh tani tembakau se-Kabupaten Jember.


Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember Dadang Komarudin di sela kegiatan tersebut mengatakan, potensi buruh tani tembakau se-Kabupaten Jember yang akan terproteksi program BPJS Ketenagakerjaan ada sebanyak 20.275 orang.


“Mereka akan terlindungi dua program BPJS Ketenagakerjaan, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM)," katanya.


"Manfaatnya, bila peserta mengalami musibah kecelakaan kerja maka seluruh biaya perawatan medis ditanggung penuh oleh BPJS Ketenagakerjaan, dan bila peserta meninggal dunia diberikan santunan sebesar Rp 42 juta untuk ahli warisnya," lanjut Dadang.


Dadang menambahkan, masa perlindungan buruh tani Tembakau di Jember ini selama 4 bulan, terhitung mulai September sampai Desember 2024, dengan pembayaran iuran dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun Anggaran 2024.


"Perlindungan ini sangat penting bagi pekerja dan juga keluarganya. Sebab selain dapat memberikan rasa aman saat bekerja dan di saat tidak terduga, juga berfungsi sebagai salah satu strategi pencegahan kemiskinan," kata Dadang.


Sementara itu, Camat Wuluhan Andri Purnomo mengaku senang para petani di wilayah tugasnya mendapat perlindungan program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.


“Di wilayah Wuluhan hampir keseluruhan petani penghasil tembakau. Dan, Wuluhan memang cocok untuk menanam tembakau, kendati semua produk tanaman di Wuluhan bisa dihasilkan dengan baik," kata Andri.


"Jadi tanah pertanian di Wuluhan ini multiguna, meskipun secara ukuran nilai dan realitanya merupakan sumber penghasil bawang merah. Dan hebatnya di Wuluhan, meskipun desa tapi sudah betul-betul maju dan modern dalam pengelolaan pertaniannya," tandasnya. (Adv)



Pewarta : Redaksi

Editor : Satria Galih Saputra


Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu