BPJS Ketenagakerjaan Akui, Jaminan untuk Peserta di Kota Sawahlunto Sudah Dibayarkan

BPJS Ketenagakerjaan Akui, Jaminan untuk Peserta di Kota Sawahlunto Sudah Dibayarkan

3 hari lalu

Bagikan

SIMBOLIS—Penyerahan simbolis jaminan BPJS Ketenagakerjaan di Sawahlunto sampai September 2024, diterima Pj Wali Kota Fauzan Hasan dari Kepala Cabang Solok Maulana Anshari Siregar


SIMBOLIS—Penyerahan simbolis jaminan BPJS Ketenagakerjaan di Sawahlunto sampai September 2024, diterima Pj Wali Kota Fauzan Hasan dari Kepala Cabang Solok Maulana Anshari Siregar

SAWAHLUNTO, METRO–BPJS Ketenagakerjaan telah membayarkan jaminan untuk peserta di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat pada rentang waktu Januari sampai September Tahun 2024 senilai total lebih dari Rp8 Miliar. Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok Maulana Anshari Siregar, mengaku jaminan yang telah dibayarkan itu meliputi jaminan pada program Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

”Total jaminan yang telah diselesaikan pembayarannya kepada peserta atau pun ahli waris/keluarga peserta yakni total senilai Rp8.714.137.540,-,” ungkap Maulana Anshari Siregar.

Dikatakan, peserta BPJS Ketenagakerjaan yang su/ dah menerima tersebut terdiri dari dua kategori, yakni Penerima Upah dan Bukan Penerima Upah.

Jaminan itu sudah dibayarkan BPJS Ketenagakerjaan sesegera mungkin begitu semua persyaratan administrasi sudah leng­kap dan terverifikasi.

”Kami berkomitmen memberi pendampingan optimal kepada peserta atau ahli waris sehingga akses untuk pencarian klaim dapat berjalan lancar dan cepat,” tandasnya.

Maulana Anshari Siregar juga mengapresiasi Angka coverage share BPJS Ketenagakerjaan Ko­ta Sawahlunto yang pada Maret 2024 lalu sudah mencapai 105 persen atau tercatat paling tinggi di Provinsi Sumbar.

”Kami bangga dan me­ng­apresiasi pertumbuhan coverage share Sa­wahlunto yang sangat signifikan. Ini menjadi wujud nyata komitmen Pem­kot dan kesadaran ma­sya­rakat dalam mendukung instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan,” jelasnya.

Disebutkan Maulana Anshari Siregar,  Sawahlunto juga sudah masuk dalam kategori daerah yang sukses mencapai Universal Labour Cove­rage (ULC), artinya Sa­wahlunto sudah berhasil mencapai target cakupan tenaga kerja yang memperoleh perlindungan sosial.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan mengapresiasi dan berterima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan atas kinerja dan komitmen da­lam memberi perlindungan sosial terhadap tenaga kerja di Sawahlunto, apalagi untuk proses pen­cairan klaim jaminan selama ini terpantau baik dan selalu mempermudah para peserta.

Pihaknya menyadari jaminan perlindungan da­lam bekerja ini memiliki arti penting, tidak hanya terhadap pekerja yang bersangkutan namun juga bagi keluarga mereka.

”Karena itu Pemko Sa­wahlunto berkomitmen selalu dukung dan fasilitasi bagaimana BPJS Ketenagakerjaan ini berkembang lancar dan baik,” jelasnya.

Selain dari dana Desa dan Kelurahan, kata Fauzan Hasan, pemko memfasilitasi premi ketenagakerjaan bagi pekerja rentan di kota itu melalui CSR perusahaan dan sinergi dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas).

”Sekarang pekerja sek­tor informal di Sawahlunto yang sudah dilindungi BPJS Ketenagakerjaan adalah  tenaga keagamaan, tukang ojek, lembaga adat (LKAAM, KAN dan Bundo Kanduang) dan lain-lain. Untuk jumlah pesertanya itu setiap tahun kita upayakan agar bisa terus bertambah,” ujarnya.

Pj Wali Kota Fauzan Hasan menyebut dana klaim jaminan BPJS Ke­ tenagakerjaan khususnya Ja­minan Kematian (JKM) ber­manfaat besar terha­dap ahli waris, seperti untuk modal usaha, dana sekolah anak dan lain-lain. ”Jadi salah satu manfaat BPJS Ketenagakerjaan ini bisa mengatasi resiko ma­salah sosial ekonomi yang bisa terjadi pada anak istri/keluarga dari peserta BPJS Ketenagakerjaan ter­sebut,” ujarnya. (pin)

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu